Informasi TSN 2014 Penerjemah Inggris-Indonesia Hukum dan Umum

TSN 2014. Pada tahun 2014 ini, Komite Kompetensi dan Sertifikasi (KKS) – Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) akan mengelenggarakan kembali Tes Sertifikasi Nasional (TSN) untuk penerjemah Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris untuk kategori penerjemah hukum maupun penerjemah umum. Informasi TSN 2014 penerjemah Inggris-Indonesia teks hukum dan teks umum ini diambil dari halaman http://www.hpi.or.id/tsn-2014/.

TSN 2014 HPI Modif tarjiem.com

Lokasi Ujian dan Waktu Pelaksanaan Ujian Penerjemah

Lokasi ujian TSN 2014 dari Himpunan Penerjemah Indonesia ini akan mengambil tempat di Lab. Komputer, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Kampus Semanggi). Alamat lengkap lokasi ujiannya yaitu di Jl. Jendral Sudirman Kaveling 51, Jakarta Selatan. Nantinya waktu tes ujian penerjemah ini akan diselenggarakan pada hari Minggu, 7 Desember 2014. Untuk peserta yang memilih pasangan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, tes penerjemah ini akan dilakukan pada pukul 09.00- 12.00 WIB. Sementara itu, bagi yang memilih pasangan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, ujian penerjemah akan diselenggarakan pada pukul 13.00-16.00 WIB.

Teknis Tes Sertifikasi Penerjemah (TSN 2014)

Ada pun beberapa ketentuan teknis terkait ujian penerjemah Inggris-Indonesia Hukum dan Umum ini adalah sebagai berikut :

  1. Pasangan bahasa yang akan diujikan dalam TSN 2014 ini hanya untuk pasangan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris saja.
  2. Terdapat dua kategori ujian penerjemah yang akan diselenggarakan dalam TSN 2014 kali ini, yaitu ujian penerjemah teks umum dan ujian penerjemah teks hukum.
  3. Peserta TSN 2014 ini diperbolehkan untuk mengikuti tes dalam 2 pasangan bahasa, dalam kategori yang mana pun.
  4. Ujian penerjemah ini akan menggunakan ujian berbasis komputer dan menggunakan lembar kerja Microsoft Word. Selama ujian berlangsung peserta diperbolehkan membawa kamus dan materi pendukung lainnya dalam bentuk cetak namun tidak diperkenankan membawa alat-alat elektronik seperti tablet, ponsel, notebook, ipad,  dan lain sebagainya.
  5. Dalam setiap kategori, peserta akan mengerjakan dua teks yang berbeda. Teks ujian pertama adalah teks wajib dan teks ujian kedua adalah teks pilihan. Saat mengerjakan teks pilihan, para peserta boleh memilih salah satu dari dua teks yang telah disediakan. Masing-masing teks yang akan diujikan memiliki jumlah sekitar 1000 kata sumber.
  6. Peserta TSN 2014 ini diharapkan memperhatikan, membaca dan memahami petunjuk penerjemahan (translation brief) yang ada pada setiap teks agar hasil penerjemahannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan dalam tes sertifikasi nasional penerjemah 2014 ini.

Syarat Kelulusan Ujian Penerjemah TSN 2014

Syarat kelulusan peserta TSN 2014 agar dapat dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar “Penerjemah Bersertifikat HPI (Certified Translator)“, maka para peserta TSN 2014 ini harus berhasil memperoleh nilai minimum, yaitu 80 (A).

Pengumuman Kelulusan TSN 2014

Nantinya, pengumuman kelulusan TSN 2014 ini akan beritahu melalui HPI Notice dan halaman www.hpi.or.id. Namun perlu diktetahui, bahwa yang dicantumkan dalam pengumuman kelulusan TSN 2014 ini nantinya hanya peserta yang dinyatakan lulus (mendapat nilai A) saja. Hasil penilaian seluruh peserta akan dikirimkan langsung kepada masing-masing peserta TSN 2014 secara elektronik (surel). Setelah peserta TSN 2014 ini dinyatakan lulus, nantinya para peserta yang merupakan Anggota Muda HPI akan langsung mendapat peningkatan status keanggotaan menjadi Anggota Penuh HPI. Sementara, untuk para peserta TSN 2014 yang bukan merupakan Anggota HPI berhak dan wajib menjadi Anggota Penuh HPI.

Selanjutnya silakan baca Syarat Pendaftaran dan Biaya Ujian Penerjemah TSN 2014.

Leave a Reply