Bagian Dua, Cara Bijak Memilih Hosting

Bagian ini adalah bagian dua dari lanjutan tulisan yang berjudul “Lima Cara Bijak Memilih Hosting Dari Pemula Untuk Pemula“.

4. Cara Bijak Membeli Paket Hosting

Setelah Anda telah yakin menyaring beberapa bahkan hingga puluhan penyedia jasa layanan hosting dan Anda merasa nyaman berkomunikasi dengan teknisi (support) hosting, saatnya Anda menentukan paket hosting pilihan Anda. Perlu Anda ketahui, mungkin ada ratusan penyedia layanan hosting lokal di Indonesia, belum ditambah luar negeri. Setiap penyedia jasa layanan hosting ini memiliki bermacam-macam paket hosting yang ditawarkan dan juga promosi atau diskon paket hosting yang mereka keluarkan. Bisa jadi penyedia jasa layanan hosting A akan memiliki paket hosting yang harganya lebih rendah hampir 50% bahkan hingga 90% dengan hosting B dengan paket hosting yang sama. Hal inilah yang saya temui, walaupun saya tidak begitu paham betul spesifikasi khusus dan mendetail tentang perbedaan server atau hosting yang mereka tawarkan.

Paket hosting saya di dhyhost.com

Paket hosting saya di dhyhost.com

Saat ini saya memiliki  4 paket hosting di 2 penyedia layanan hosting dan hanya 1 paket hosting yang saya gunakan, sisanya nganggur. Hal ini disebabkan karena saya begitu tergiur dengan paket hosting yang mereka tawarkan. Bayangkan saja, awalnya saya menyewa share hosting server Indonesia 500 MB selama 1 tahun dengan harga 45 ribu, setelah mendapatkan diskon hampir 45%. Lalu tidak begitu lama, ada diskon 69% secara terus menerus (recurring) pada paket hosting yang tampaknya lebih baik spesifikasinya. Jadilah saya membeli paket tersebut. Lalu selang beberapa minggu, saya mendapatkan harga hosting server Indonesia hanya Rp25.000 untuk 1 tahun dengan kapasitas penyimpanan data (disc space) tidak terbatas atau unlimited di penyedia layanan yang berbeda, jadilah saya membeli paket tersebut. Lalu kemudian ada diskon yang menurut saya cukup murah di server hosting yang tampaknya lebih baik, jadilah saya menggunakan hosting tersebut dengan memindahkan share hosting Indonesia ke semi-dedicated hosting di Kanada.

Agar Anda bijak memilih paket hosting, perhatikan kebutuhan dan anggaran Anda. Saat melihat daftar paket hosting yang ditawarkan, perhatikan juga jangka waktu minimum pembeliannya. Jika Anda kurang yakin Anda dapat memilih jangka waktu paket hosting yang minimum, 1 bulan atau 3 bulan. Hal ini agar Anda terhindar ‘kecewa di tengah jalan’ saat Anda telah menggunakan paket hosting yang telah Anda pilih. Sehingga Anda tidak terlalu rugi jika suatu saat ingin pindah hosting. Beberapa penyedia layanan hosting terkadang menawarkan paket percobaan (trial) dan ada juga yang menawarkan garansi uang kembali jika kita tidak menggunakan layanan hosting mereka dalam rentang waktu tertentu, biasanya 30 hari.

5. Masuk ke Forum Ini

Saran terakhir dari saya, masuklah ke forum hosting diskusiwebhosting.com atau disingkat forum DWH. Mungkin ini adalah forum yang spesifik membahas dunia perhostingan. Saya juga banyak belajar dari sini. Karena tampaknya di sini berkumpul para CEO beberapa perusahaan hosting yang sudah cukup besar di Indonesia. Sehingga kita sebagai calon konsumen, bisa banyak belajar dan bertanya-tanya soal hosting di forum ini.

Yang menarik di forum ini adalah, adanya sub forum keluhan pelanggan dan testimoni pelanggan. Jadi kita bisa banyak membandingkan hosting satu dengan hosting yang lainnya. Kita juga bisa menilai, bagaimana para penyedia hosting yang akan kita tuju menyampaikan pandangan dan komentar mereka terkait hal-hal yang berkenaan dengan dunia hosting dan domain.

Penutup Cara Bijak Memilih Hosting Dari Pemula Untuk Pemula

Pahami kebutuhan Anda dan pahami pula sejauh mana pengetahuan Anda terkait dengan dunia hosting. Jika dirasa masih kurang pengetahuan Anda, silakan masuki forum yang saya sebutkan di atas dan gunakan google sebagai alat bantu Anda. Di sana kita bisa bertanya dan membaca beberapa pertanyaan sebelumnya yang mungkin berguna.

Sebagai kesimpulan akhir, saya sangat menekankan untuk memilih support atau layanan pelanggan yang paham betul hal-hal teknis terkait hosting. Karena posisi kita adalah calon pembeli pemula, jadi sangat wajar kita banyak bertanya hal-hal yang terkadang dianggap remeh atau pertanyaan kurang penting terkait apa yang ingin kita ketahui. Perlu diketahui pula, dalam jasa penyedia hosting dikenal pula ada rupa ada harga.

Harga yang murah belum tentu jelek, begitu juga sebaliknya, harga yang bagus tidak menjamin kita akan mendapatkan layanan yang kita harapkan. Setiap pengalaman atau kasus yang kita hadapi terkait hosting yang kita sewa akan berbeda-beda, karena itulah kita membutuhkan layanan pelanggan yang betul-betul memahami hal-hal teknis. Namun demikian, jika kita jeli tidak menutup kecil kemungkinan kita bisa mendapatkan harga hosting yang murah namun kualitasnya sangat memuaskan bagi kita. Jangan lupa untuk menanyakan waktu-waktu promo harga hosting saat akan membeli hosting. Selamat berburu hosting.

Tags:

4 Comments

  1. Irvan Fauzie 10 Februari 2015 20:03
    • Ridha Harwan 11 Februari 2015 15:38
  2. Fadhly 6 Desember 2014 16:36

Leave a Reply