Cara Menjadi Penerjemah Tersumpah Untuk Saat Ini

Mungkin ada yang bertanya, Bagaimana cara menjadi penerjemah tersumpah atau cara agar bisa menjadi seorang penerjemah tersumpah khususnya untuk saat ini?

Kalau boleh saya menjawab secara singkat, caranya tidak ada.

Sepengetahuan saya, saat ini tidak ada cara agar seseorang itu bisa menjadi penerjemah tersumpah.

Karena kenapa?

Karena untuk saat ini, tes atau Ujian Kemampuan Penerjemah (UKP) yang biasanya diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa Universitas Indonesia (UI) dalam rangka mendapatkan sertifikat penerjemah tersumpah, sudah tidak ada semenjak 3 tahun yang lalu atau sekitar tahun 2012 yang lalu.

Syarat menjadi penerjemah tersumpah pada saat itu secara garis besar selain harus lulus dalam ujian kemampuan penerjemah tersebut, peserta yang ingin menjadi mengikuti ujian penerjemah tersumpah harus memiliki kartu tanda penduduk DKI Jakarta. Sehingga tidak semua orang yang bisa menjadi penerjemah tersumpah.

Apabila seseorang tersebut lulus dalam ujian penerjemah tersumpah, maka penerjemah tersebut akan dilantik atau diambil sumpahnya oleh Gubernur DKI Jakarta.

Penerjemah yang berhasil lulus dalam ujian tertulis penerjemah tersumpah tersebut juga akan mendapatkan semacam sertifikat bukti bahwa yang bersangkutan adalah penerjemah tersumpah.

Jadi jika Anda membutuhkan jasa penerjemah tersumpah, maka tidak ada salahnya Anda meminta bukti bahwa yang bersangkutan tersebut benar adalah penerjemah tersumpah dari sertifikat yang ia miliki.

Sertifikat Penerjemah Tersumpah 2006 indotransmedia com
Sertifikat Penerjemah Tersumpah 2006 indotransmedia com

Karena itulah jika ada yang bertanya bagaimana cara menjadi penerjemah tersumpah untuk saat ini, maka jawabannya tidak ada. Kecuali Ujian Kemampuan Penerjemah yang biasanya diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Budaya UI (LBI FIB UI) diselenggarakan kembali pada tahun 2014 atau di tahun-tahun yang akan datang.

Jadi jika Anda membutuhkan jasa penerjemah tersumpah ada baiknya Anda mencarinya di Direktori Penerjemah Indonesia Sihapei. Lebih lanjut Anda mungkin dapat menggunakan alternatif jasa penerjemah tersumpah, yaitu penerjemah bersertifikat. Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply