Select Page

Apakah Ahli SEO itu Cukup Berada di Halaman 1 Saja?

Apakah Ahli SEO itu Cukup Berada di Halaman 1 Saja?

Apakah ahli seo itu adalah orang yang mampu berada di halaman 1 hasil pencarian? atau bahkan berada di urutan 1 di halaman hasil pencarian mesin pencari?

Mungkin secara kasat mata jawabannya mungkin iya. Bisa jadi ahli seo itu adalah mereka yang mampu berada di halaman 1 bahkan di urutan pertama dalam halaman hasil pencarian mesin pencari. Memang tidak sulit jika kita ingin mengetahui kepakaran seseorang dalam bidang optimasi mesin pencari, cukup lihat saja apakah situs atau web yang dimiliki ahli seo tersebut berada di halaman satu mesin pencari.

Lalu pertanyaan yang lebih penting lagi bagi saya adalah, apakah hanya dengan berada di halaman 1 saja itu sudah cukup? Tentu saja jawabannya bisa iya bisa tidak, tergantung tujuan atau motif kita masing-masing untuk apa kita berada di halaman 1  hasil pencarian.

Ahli seo foto dari pixa bay

Ahli seo foto dari pixa bay

Bagi mereka yang belum mengetahui dibalik layar optimisasi mesin pencari atau search engine optimization (seo) tentu akan bertanya-tanya soal seo ini. Google, sebagai raksasa mesin pencari saat ini, telah mengeluarkan secara resmi buku panduan seo beberapa tahun yang lalu. Jadi secara tidak langsung, panduan baku ilmu seo itu sudah ada dan itu langsung diberitahukan oleh google langsung. Jadi sebenarnya, jika kita menerapkan garis-garis besar yang ada di buku panduan tersebut, maka tentunya apa yang kita tuliskan dan publikasikan di dunia maya tentu tidak akan kesulitan ditemukan oleh mereka yang membutuhkan dan ditampilkan oleh mesin pencari.

Permasalahannya, apakah dengan adanya beberapa tulisan yang kita miliki atau situs kita berada di halaman satu bahkan di urutan satu di hasil mesin pencarian yang itu adalah hasil usaha kita lalu kita mengklaim kalau kita ahli atau pakar seo? Kalau saya pribadi menjawabnya tentu saja tidak. Karena bisa jadi itu hanya faktor keberuntungan saja. Namun demikian, bagi mereka yang sudah paham dan mengetahui seluk beluk dunia optimasi mesin pencari secara lebih mendalam mungkin menjawab bisa jadi menjawab iya.

Ilustrasi seo flickr

Jika saya boleh berpendapat, ada hal yang lebih penting dibandingkan hanya sekadar berada di urutan 1 hasil pencarian. Sederhananya saya menyebutkan dengan istilah ‘konversi’. Jika boleh saya mendefinisikan istilah konversi ini yaitu, timbal balik yang kita dapatkan setelah kita berada di halaman satu hasil mesin pencarian. Tentu saja jelas sekali timbal balik ini berupa adalah berupa materi bukan hanya sekadar ucapan terima kasih.

Ibaratnya seseorang yang akan memasuki sebuah pasar yang sangat besar sekali, maka tentu saja ia akan langsung menggunakan mesin pencari (katakanlah google) untuk mencari apa yang dibutuhkannya (misalnya informasi atau barang). Apabila pemilik toko berhasil menempatkan barang dagangannya diurutan pertama hasil pencarian orang tersebut, tentu sangat jelas sekali bahwa tokonya (web/situs/blog) akan keramaian pengunjung. Saat pengunjung toko/situs/blog ini tiba, tentu saja pertama kali ia akan melihat-lihat terlebih dahulu atau bahkan kalau bisa bertanya-tanya terlebih dahulu. Jika yang dibutuhkannya adalah sebuah informasi, maka pengunjung ini akan membaca isi blog/situs tersebut secara cermat dan jika pengunjung ini sedang mencari sebuah barang maka tentu saja ia akan melakukan sebuah pembelian.

Itulah gambaran ilustrasi dari arti pentingnya sebuah konversi. Jika situs tersebut fokus pada penyediaan barang atau jasa tentunya yang dimaksudkan dengan konversi adalah pembelian barang atau jasa. Namun jika situs tersebut fokus pada penyediaan informasi, misalnya sebuah forum sebuah portal berita, maka yang dimaksud dengan konversi di sini adalah lamanya atau betahnya pengunjung tersebut di toko itu. Dan biasanya situs yang menyediakan informasi saja, biasanya akan memiliki iklan dan bahkan ditawari pemasangan iklan dikarenakan banyaknya pengunjung ke situs tersebut. Dari sinilah konversi didapatkan oleh situs yang mengandalkan banyaknya jumlah pengunjung yang datang.

Kutipan menarik tentang seo image:flickr.com

Kutipan menarik tentang seo image:flickr.com

Lalu jika kita berada di urutan 1 halaman satu namun tidak memiliki konversi sayang sekali bukan. Walaupun biasanya, mereka yang berada di halaman satu hampir sebagian besar mendapatkan keuntungan atas kunjungan pengunjung, walaupun pengunjung tidak tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan atau iklan yang kita pasang. Walaupun barang atau jasa yang ditawarkan tidak ada yang beli, minimal blog atau situs kita ramai yang pada akhirnya akan sedikit berpengaruh pada iklan-iklan yang dipasang.

Sebagai penutup, menurut saya itulah arti penting jika Anda memang ahli atau pakar di bidang optimasi mesin pencarian. Konversi merupakan banyak yang dikejar setelah mereka mengejar halaman 1. Sayang sekali jika sudah berada di halaman satu namun tidak banyak yang membutuhkan barang, jasa, atau informasi yang ditawarkan. Dan biasanya, mereka yang membutuhkan jasa ahli seo, tentu akan mengejar konversi tersebut.

About The Author

Ridha Harwan

Penjual jasa penerjemah Inggris Indonesia. Selengkapnya...

106 Comments

  1. ilham sblog isianseo dot com

    berarti gak semua ahli seo beradda di halaman satu ya mas ?

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya kali.

      Reply
  2. Bang Zendy sarancantik dot com

    relatif sih banyak master yang munculin diri atau nenggelemin diri, ya seperti silent reader yang penghasilan 4 digit dolar perbulan ya pasti silent

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yup.

      Reply
  3. Bang Zendy

    hmm kalo ane sih lebih sulit mempertahankan posisi artikel ketimbang naikinnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yoi.

      Reply
  4. SEO Anyaran

    Ane pribadi lebih setuju dengan Konversi gan. Meskipun tidak berada di Pejwan asalkan konversi makin hari makin baik kayaknya dengan sendiri nanti akan dikenal oleh pengunjung

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul. Tujuannya emang konversi. Seperti lapak terjemahan saya. Walau beberapa kadang ada yang mejeng di pejawan, tetap aja kalau sudah lihat tarif terjemahan saya, kadang gak jadi konversi.

      Reply
  5. Buat Android

    kalo untuk ahi seo mungkin gampang-gampang susah, kalo yang belum menguasai seo hanya faktor luck menurut ane, seperti artikel yang hanya asal buat tapi dengan keyword yang pas ane rasa bisa aja masuk page one

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya benar. Faktor keberuntungan juga bisa jadi salah satu faktornya. Lolos dari algoritma.

      Reply
  6. bengkelkomputek

    Kalau menurut sya sih ahli seo tidaklah cukup hanyalah berada pada halaman 1 index google. Yang terpenting adalah bagaimana situs bisa tetap bertahan di posisi pertama. Apalagi setiap tahun algoritma google selalu berubah dalam penilaian sebuah situs. Nice info

    Reply
    • Ridha Harwan

      Nah itu yang sulit. Bertahan dan membuat konversi itu yang gak mudah.

      Reply
  7. Viva Android

    Terus bereksperimen untuk hasil yang lebih baik

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yoi, riset terus. Balapan sama algoritmanya google.

      Reply
  8. budidaya kenari

    terus berusaha melakukan yg terbaik aja insyaallah hasilnya juga menyesuaikan,,,

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya. Cemunguth.

      Reply
  9. hanibi

    Jika kita rajin menulis artikel dan banyak isi dari postingan tersebut bermanfaat, saya yakin konversi itu akan terjadi pada blog kita meskipun kita bukanlah master seo… Menurut mas orang yang rajin menulis artikel dan mendapatkan banyak pengunjung itu adalah suatu kebetulan ? hehehe ..Btw, nice article bro. Salam blogger

    Reply
    • Ridha Harwan

      Itu antara kebetulan dan tidak. Kalau tulisannya bagus dan orisinil jelas itu bukan kebetulan. Toh algoritma google terus berusaha mencari tulisan yang asli, orisinil dan berkualitas juga. Tapi kalau tulisan bagus itu dan blognya ditambah pendorong varibale seo lainnya (backlink misalnya), gimana jadinya yah. Ibarat mobil bagus lalu dikasih bahan bakar pertamax super. :)

      Reply
  10. rumah cantik

    ahli seo itu ada dimana-mana, gak cuma di gugel aja hehe
    mantap artikelnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih. Silakan dibagikan kalau emang bagus. hehehehe

      Reply
  11. Derry

    Gampang2 susah kalau menurut sy :) gampang kalau saingannya sedikit :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Saingannya dikit pengunjungnya bisa sedikit juga.

      Reply
  12. wahyu fadil p

    Buat saya SEO itu mudah , asal ada sedikit usaha

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, asal mau nerapin ilmu yang didapatkannya walaupun itu sedikit.

      Reply
  13. cinta

    Wah kalau masalah beginian saya sama sekali O besar mas… tapi super sekali ulasannya…..gut job…

    Reply
  14. KOPERASI LESTARI

    Bicara tentang SEO, gampang gampang susah. Saya setuju dengan komentar edysan

    Reply
  15. edysan

    menurut saya, yang terpenting dalam blog adalah trafficnya. percuma kalau cuma nongol dihalaman pertama (karena saingannya sedikit) tapi gak ada pengunjungnya. sia-sia saja.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Itu dia. Seperti main sepak bola tapi gak ada lawan tandingnya.

      Reply
  16. Asep Haryono

    Selama ini doktrin yang saya terima dari menghadiri berbagai seminar tentang Blog, Adsense dan website rata rata membahas bagaimana upaya kita agar website dan blog kita berada di urutan terdepan kalau perlu teratas dalam rangking pencaharian di search engine. Ini doktrin yg sudah bertahu tahun bertahta di kepala kita

    Reply
    • Ridha Harwan

      Wah saya sendiri gak pernah ikut kursus begituan. Mending biaya daftar kursusnya buat dipakai online. Saya juga kadang hampir bosan juga ngebahas soal seo, pejawan mulu yang dibahas

      Reply
    • bengkel blogger

      kalau saya bang lebih memilih optimasi konten yang baik, walau itu akhirnya tidak menempati halaman pertama dalam hasil pencarian. banyak faktor dalam seo, dan yang jelas kita semua menulis bukan untuk seo, tapi untuk pengunjung. sementara seo hanya tambahan agar halaman kita menempati hasil yang baik dalam SERPs walau bukan halaman pertama. karena untuk itu banyak faktor dan banyak saingannya. jadi saya juga sadar untuk menerapkannya secara sederhana, tapi lumayan heeeee.

      Reply
      • Ridha Harwan

        Iya betul. Ilmu dasar seo itu memang konten. Optimasi situs hanya cara kita agar “dilirik” oleh robotnya google. Namun jika memang konten kita bagus, maka secara otomatis konten kita akan disukai yang pada akhirnya akan dibagikan pengunjung di media sosial. Ujung-ujungnya SERP kita jadi naik. :)

        Reply
  17. Mang Yono

    Kalau artikel saya jarang yang nangkring dihalaman 1 kebanyakan di halaman 10 … La wong saya bukan ahli seo hehehe …

    Reply
    • Ridha Harwan

      Tapi kan tidak semuanya kan? biasanya ada beberapa artikel kita yang ngetren di halaman 1 dan itu biasanya pembahasannya spesifik.

      Reply
  18. Dian Anarchyta

    Ulasan yg bagus mas, tp agak rumit untuk di pahami meski setiap hari baca baca artikel tentang seo.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Terima kasih Mbak Dian atas ulasannya. Saya pribadi kadang bosan juga dengan pembahasan seo mulu.

      Reply
  19. Download Software Terbaru 2014

    menurut saya tidak mas, blogwalking malam. .

    Reply
  20. DESA CILEMBU

    bicara tentang SEO emang sangat rumit dan sulit dimengerti dan di pahami oleh awam seperti saya ini, saya mah cuman ngikutin cara-cara para mastah saja ng’blognya, soal jika kemudian berada di halaman depan sekalipun artikel kita, saya mah tidak berfikir bahwa hasil tersebut karena dan akibat SEO, pokoknya mah mengalir saja seperti aliran air…gituh kang

    Reply
    • santika fadilah

      betul kang, mambaca seo itu ibarat mempredikisi angin, walaupun udah mateng ilmunya tetep aja cuma predikasi yang tak pasti seratus 100% benar..

      Reply
      • Ridha Harwan

        Iya betul Teh Santika, karena ilmu seo itu ‘pemiliknya’ si google sendiri. hehehe

        Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul memang enaknya natural saja Pak. Biasanya pada akhirnya teknik yang alami yang akan disukai walaupun tulisan kita membutuhkan waktu untuk berada di halaman depan pencarian.

      Reply
  21. Ian Konjo

    Aku sampe skarang gak ngerti2 juga soal SEO. Padahal sering2 baca tuh artikel tentang seo. Aku buntu kalau dah bicara soal seo.

    Pembahasannya bagus mas….

    Reply
  22. Albarnation

    Menurut saya itulah fungsinya dari seo, bagaimana optimasi artikel agar mampu bersaing dari web/blog lainnya di mesin pencarian, pastinya bisa mampu menembus page one, bertahan dan cepat terindex disana.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Dan yang lebih penting lagi bisa menghasilkan uang.

      Reply
  23. Penelusuran Artikel

    kalau semua tehnik SEO sudah kita pelajari dan diterapkan dalam blog/web yang sedang kita optimasi, hmmm rasanya berapa visitor /harinya ya kang yg berkunjung di blog kita muhehehhee,,, trims infonya,,salam hangat

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau berhasil teknik seonya, bisa-bisa uangnya bisa buat beli pulau pribadi. :D

      Reply
  24. bengkel blogger

    menurut saya seo itu bukan harus menempati halaman pertama dan urutan teratas saja, namun lebih kepada penerapan optimasi agar konten dapat diindeks secara maksimal dan baik oleh mesin pencari. masalah halaman pertama dalam SERPs itu menyusul, namun bila semua konten bisa diindeks dengan baik, maka hasilnya akan baik. dan itu juga baik buat perkembangan blog kita ke depannya, bukan masa yang singkat. mohon maaf mas, kalau ada kesalahan tolong dilengkapi ya gan. terima kasih. saya bookmark blognya buat ikutan belajar. terima kasih.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Indeks artikel itu memang salah satu indikator optimalisasi mesin pencarian. Memang yang agak penting sih bagaimana kita bertahan lama sih narsis di pejawan. :D

      Reply
      • bengkel blogger

        kalau saya hanya menerapkan seo yang sederhana. hasilnya juga sederhana, tapi Alhamdulillah…..heheheeee

        Reply
        • Ridha Harwan

          Iya, emang kadang yang sederhana itu lebih maknyuss.

          Reply
  25. ibrahim lubis

    teknik SEO memang harus kit apelajari ua mas, iya ni terkdang saya juga pernah tu berkunjung ke blog yang hanya berisi 100 artikel, tapi keyword dalam blog itu selalu aja tampil di atas, mungkin pengelolanya dah ahli dibidang SEO

    Reply
    • Ridha Harwan

      Nah itu dia, baru benar ahli seo tuh. Berati dia memang memperhatikan artikel yang ia kirim dan menggunakan bantuan teknik seo.

      Reply
      • ibrahim lubis

        iya ya mas, dengan begitu kita harus termotivasi dan lebih lagi meningkatkan kualitas artikel kita biar lebih SEO ya :D

        Reply
        • Ridha Harwan

          Iya. Tulis yang bermanfaat buat kita dan pembaca. :)

          Reply
  26. warim

    kalo bicara masalah seo saya ga bisa komentar apa apa mas. soalnya saya ga tau yang namanya seo. hehe.

    kalo master seo itu artikenya selalu di urutan 1. brati misalnya pakar seo itu artikelnya tentang tutorial blog, terus saya cari download mp3, apakah artikel master tadi yang akan muncul di urutan pertama..? hehe.

    Reply
    • bengkel blogger

      bisa aja mas warim heeee

      Reply
    • Ridha Harwan

      tergantung kata kunci yang disasar sih @Warim

      Reply
  27. Mas Yadi

    Mengerti SEo plus artikel unik dan bermanfaat , saya pikir tak terlalu sulit tuk masuk page one

    Reply
    • Ridha Harwan

      Seo itu susah-susah gampang, tergantung seberapa tinggi persaingan kita. Tapi emang secara umum banyak susahnya hehehe

      Reply
  28. Ruly

    Saya fikir untuk SEO itu kompleks .. kalau masalah no 1 itu gampang tapi yang harus dilakukan lebih dari itu .. karena saya lebih suka konten bagus ketimbang peringkat .

    Reply
    • bengkel blogger

      setuju mas…konten adalah raja, karena kita menulis bukan untuk mesin pencari, tapi untuk pengunjung walau seo itu akan membantu dalam hasil pencarian.

      Reply
  29. buret

    klo saya boleh menggambarkan, istilah “konversi” diatas itu semacam “target focuz” ya mas, percuma klo kita masuk peringkat 1 hal 1 pencarian google, tapi informasi barang yang kita jual minim. akhirnya calon pembeli lari ke situs peringkat dibawahnya karena memberikan informasi detail ttg barang jualannya. bener ga yak

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kurang lebih begitu. Yang penting bagaimana kita mendapatkan ‘keuntungan’ setelah kita berada di halaman 1. Kalau toko online jelas, ia akan kebanjiran pengunjung, namun kalau pengunjung itu gak membeli barang kan sangat disayangkan. Walaupun memang yang ramai itu besar kemungkinan banyak pembelinya.

      Reply
  30. junior

    Kenapa gak disisipin breadcrumb atau navigasi home mas, soale sy mau back ke berenda ga ada.. gak tau juga deh apa karna sy pke tablet liatnya

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya, kemarin saya sudah pasang breadcrumb, tapi saya agak khawatir kalau itu dinilai duplicate post oleh google. Tapi kayaknya saya mau pasang lagi, soalnya gara-gara saya copot breadcrumb otomatis saya gak submit sitemap category ke google webmaster dan jumlah kunjungan saya menurun hingga 50%. Lagian lantaran masukan @Junior, kayaknya nanti akan saya mau masukkan lagi. Terima kasih yah atas masukannya. :D

      Reply
  31. junior

    Kasih tau ga ya

    Reply
  32. junior

    Wah dapet ilmu baru nih mas, karena dari dulu kurang mudeng kalo ngomongin Beginian

    Reply
    • Ridha Harwan

      Sekarang yang di dapatin apa dong ilmunya? hayo ceritaiin. :D

      Reply
  33. purnama

    wah ternyata masih banyak yang harus dipelajari dalam mendalami SEO, tidak semudah yang kita bayangkan, saya masih new bi dan belum begitu paham tentang SEO, tetapi dengan semangat yang membara ( ^-^ ) ya semoga bisa walaupun dikit-dikit, salam knl gan blogger baru, dan jangan lupa mampir ya,,,,follow back gan

    Reply
    • Ridha Harwan

      Yang penting kita menulis apa yang dibutuhkan orang. Otomatis nanti ngetren sendiri blog kita. :D

      Reply
  34. Ana Sriwahyuni

    seorang yang ahli seo tidak hanya bisa dilihat dari hasil pencarian dari katakunci tertentu untuk setiap artikel blognya yang ada di search engine tapi juga bisa dilihat bagaimana cara dia memberikan penjabaran dan pehamanan tentang seo itu sendiri didalam artikel blognya :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kemudian, orang yang benar-benar ahli di bidangnya, bukan ia yang mengakuinya namun orang lain yang mengakuinya. Yang jelas saya bukan Ahli SEO loh.. :D
      Komentarnya dalem banget, makjleb :D. Jempol 10 deh Buat Ibu Ana. :D

      Reply
  35. putra

    Ulasan yang menarik. Penting memang untuk mempelajari SEO agar memaksimalkan tujuan kita ngeblog. #komentarSerius

    Reply
    • Ridha Harwan

      Iya betul. Mangkanya itu sangat tergantung tujuan kita apa. Sudah berapa banyak tulisan bagus yang tenggelam di internet dan sudah berapa banyak pula kita menemukan hasil pencarian google yang tidak begitu bermanfaat atau tidak sesuai dengan apa yang kita mau. #KomentarSeriusSedikit :D

      Reply
  36. Fatahillah

    wahhh jujur kang kalo soal seo ini saya sukar untuk dimengerti walaupun sudah saya baca berkali kali tetep saja tidak mengerti soalnya gini di blogg saya yang blogg download games insya allah banyak postingan saya yang posisi nya di no 1 bahkan no 1 di halaman 1 padahal isi artikel nya yaa asal nyeblak . tapi beda lagi hal nya kalo di blogg saya yang artikel jujur sangat sulit sekali kalo mau nongol di urutan pertama dan kalo menurut saya masalah nya bukan di seo nya tapi di persaingan nya yang sanga kuat mas :D betul tidak ?:D

    Reply
    • Ridha Harwan

      Untuk tema download game sendiri, itu persaingannya cukup banyak. Betul, kita harus jeli melihat persaingannya, sejauh mana kita mampu bersaing di kata kunci tertentu.

      Reply
      • Fatahillah

        nahhh itu dia mas masalahnya mata saya kurang jeli soalnya gitu gak tahu ilmu seo :D tapi keren nih postingannya ngasii penerangan :) makasii yaa

        Reply
  37. yanto cungkup

    SEO memang salah satu bagian ngeblog yg sulit dijelaskan mas.yang mengatur konten kita berada di halaman pertama adalah robot.jadi menurutku yg ada dihalaman pertama belum tentu artikel berkualitas tapi artikel berkualitas SEO berpeluang besar nangkring dihalaman pertama

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau kita sudah paham algoritma google atau apa maunya google, tanpa konten menarik pun kita bisa ‘Narsis’ di pejawan. heheh.
      Memang artikel yang utama, tapi kalau saya boleh mengistilahkannya:
      “Tulisan adalah raja dan Ratunya adalah Tautan baliknya (backlink)” :D

      Reply
        • Ridha Harwan

          Jabaran istilah di atas itu sudah saya buatkan tulisannya. Panjang banget deh jabarannya. Tapi gak ada di sini. :D

          Reply
          • buret

            beginilah klo para master SEO bicara, aq ra mudeng blass

          • yanto cungkup

            tak adalah mas
            saya mah masih pemula banget dalam hal SEO

  38. sussi

    Sementara cuma bisa nyimak mas :)

    Reply
    • Ridha Harwan

      Silahkan disimak semua tulisannya juga tidak apa-apa hehehe

      Reply
  39. Lombok 7og4nk

    Walaupun artikel di page 1 tapi kalau web nggak responsive juga gak bagus.. gan bisa kasih saran nggak gimana cara biar template jadi responsive heheeee

    Reply
    • yanto cungkup

      template sudah bertebaran dapat diunduh gratis tuh mas

      Reply
      • Fatahillah

        nahhh benerr tuh kata mas yan banyak template yang gratis kok di google tinggal di unduh saja mas

        Reply
    • Ridha Harwan

      Nah tuh sudah dibantu dijawab sama Mas Yanto en Mas Fatahillah. Banyak banget tuh. Kalau gak salah ada template “Abah Template” bagus. :D

      Reply
  40. Marnes Kliker

    Waduuuh kalo dah berbicara tentang seo, saya mah cuma bisa ikutan nyimak aja ini teh, da saya mah gak ngerti ama seo-seo’an lah… mungkin berada di page 1 salah satunya kali ya, soalnya banyak banget para blogger yang berusaha sedemikian rupa supaya artikelnya itu berada di page 1 :)

    Reply
    • yanto cungkup

      kalau urusan kopi pasti mas marnes duduk didepan deh
      kwkwk

      Reply
    • Ridha Harwan

      Sekali-kali bikin artikel, sambil berbagi dan berdiskusi.

      Reply
  41. santika

    ahli seo juga belum tentu urutan pertama yah.. tetep aja konten yan menarik yang selalu mengundang pengunjung supaya balik lagi, tapi setidaknya dengan seo lebih memudahkan pengunjung untuk memilah dan memilih,

    Reply
    • Ridha Harwan

      Kalau dia benar-benar ahli seo, tidak sulit untuk berada diurutan pertama, namun pertanyaanya seberapa lama dia bisa bertahan di urutan pertama :D.

      Reply
      • Devy Indriyani

        Benar sekali kang, tidak mudah mempertahankan posisi SERP. sekalipun dia ahlinya, karena banyaknya persaingan, terlebih lagi dalam sitem penargetan kata kunci yang ramah.

        Reply
        • Ridha Harwan

          Betul, seperti sebuah perlombaan, jadu juara emang sulit, menjadi juara bertahan itu lebih sulit.

          Reply
    • DESA CILEMBU

      sepakat dengan penjabarannya ibu Santika, memang dengan SEO selain akan mengundang pengunjung untuk kembali lagi pada artikel yang berkualitas dan di butuhkan juga jika memenuhi SEO dapat dengan mudah mencarinya kembali…pinter ih ibu yang satu ini teh ya

      Reply
  42. Penerjemah Unggul

    UNGGUL TRANSLATOR adalah kantor penerjemah online di Jakarta yang memberikan layanan jasa terjemahan semua Bahasa Asing.
    Dengan misi untuk dapat menjembatani perbedaan bahasa yang selama ini menjadi kendala yang cukup pelik bagi klien-klien kami dalam berbisnis dan lain sebagainya, kami hadir untuk memenuhi segala kebutuhan klien-klien kami dalam hal penerjemahan bahasa Inggris, Jepang, Korea, Mandarin, Perancis, Belanda, Arab, Jerman dan lain sebagainya.
    Didukung oleh tenaga-tenaga muda ahli bahasa yang berpengalaman untuk berbagai displin ilmu, UNGGUL TRANSLATOR hadir dengan bentuk layanan jasa penerjemahan online untuk semua bahasa asing.

    Reply
    • Ridha Harwan

      Salam kenal Unggul Translator. :)

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video

Loading...

Berlangganan

Ikuti Tulisan Kami

Ikuti Tulisan Kami

Setiap kali ada tulisan baru akan dikirim ke alamat ini.

Berhasil! Nantikan kabar terbaru dari kami.