Word Lens Aplikasi Penerjemah Foto Tanpa Internet

Word Lens. Pernahkah Anda membayangkan jalan-jalan ke luar negeri tanpa menggunakan pemandu atau agen perjalanan lalu ‘tersesat’ di Negara yang petunjuk arah dan petunjuk lainnya tidak menggunakan Bahasa Inggris, apalagi menggunakan Bahasa Indonesia?

Misalnya, Anda sedang pergi ke Rusia untuk jalan-jalan sebagai seorang backpacker, lalu ingin mengunjungi Red Square yang terkenal itu, tapi kebingungan membaca petunjuk arah. Terbayang dong repotnya harus bertanya atau pergi ke pusat informasi.

Logo Aplikasi penerjemah Word Lens

Logo Aplikasi penerjemah Word Lens Sumber: questvisual.com

Tapi, tenang, sekarang sudah ada aplikasi penerjemah canggih bernama Word Lens (https://play.google.com/store/apps/details?id=app.word.lens.guide&hl=en). Sebuah aplikasi penerjemah bahasa secara langsung tanpa perlu koneksi internet. Aplikasi Word Lens ini awalnya dikembangkan oleh Quest Visual dan merupakan aplikasi berbayar, tapi setelah dibeli oleh Google, aplikasi ini pun digratiskan dan tersedia untuk Android, iOS bahkan Google Glass.

Word Lens adalah aplikasi yang memanfaatkan teknologi Augment Reality (AR), sebuah teknologi yang memungkinkan kita mendapatkan hasil terjemahan secara langsung. Aplikasi ini bukan hanya dapat menerjemahkan kata yang kita ketikan saja, lebih dari itu, fitur utama Word Lens adalah aplikasi penerjemah berbasis gambar. Misalnya, saat kita mengarahkan kamera ponsel pintar Anda atau Google Glass ke suatu marka jalan atau menu dalam bahasa asing, maka aplikasi ini akan memunculkan kata tersebut dalam bahasa yang kita pilih. Sayangnya, sampai saat ini, aplikasi ini hanya bisa menerjemahkan kata per kata, bukan sebuah kalimat, jadi tingkat akurasi hasil terjemahannya masih rendah.

Contoh Hasil Aplikasi penerjemah Word Lens

Contoh Hasil Aplikasi penerjemah Word Lens Sumber: play.google.com

Aplikasi ini awalnya diluncurkan pada tahun 2010 dan waktu itu hanya tersedia untuk iOS dan hanya bisa menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Spanyol maupun sebaliknya saja. Sampai hari ini, aplikasi ini sudah bisa melakukan penerjemahan berbasis gambar pada Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Rusia, Italia, Perancis dan Jerman. Namun dengan bergabungnya tim pengembang Words Lens ke dalam keluarga besar Google, dipastikan aplikasi Word Lens ini akan menambahkan bahasa-bahasa lainnya dalam waktu dekat.

Apa saja kelebihan aplikasi Word Lens ini?

  • Aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet untuk melakukan proses penerjemahan. Berbeda dengan aplikasi kamus atau semacamnya yang membutuhkan koneksi internet untuk mengakses database.
  • Aplikasi Word Lens ini tidak sulit digunakan. Aplikasi Word Lens ini sangat mudah digunakan, seperti saat melakukan gerakan membaca menggunakan kamera.
  • Aplikasi Word Lens ini bisa menerjemahkan kata berbasis gambar. Jadi, kita tidak perlu repot-repot mengetikkan kata yang ingin dicari terjemahannya. Cukup mengarahkan kamera saja.
Penjelasan Word Lens di Google Play

Penjelasan Word Lens di Google Play

Sayangnya, selain banyaknya kelebihan yang dimiliki, aplikasi Word Lens ini juga punya beberapa kekurangan:

  • Tidak bisa membaca tulisan tangan. Aplikasi Word Lens ini hanya dapat membaca tulisan hasil cetakan (print), atau tulisan tangan yang cukup rapi dan simetris untuk dibaca.
  • Aplikasi ini hanya bisa menerjemahkan kata, bukan kalimat. Tapi, masih bisa dimengerti kalau kalimatnya tidak terlalu panjang.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya aplikasi Word Lens ini?

  • Silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Word Lens melalui perangkat Android, iOS atau Google Glass Anda.
  • Buka aplikasi Word Lens lalu pilih bahasa apa yang ingin diterjemahkan ke bahasa apa. Misalnya dari Bahasa Inggris ke Bahasa Spanyol atau sebaliknya.
  • Arahkan kamera ponsel pintar Anda pada tulisan yang hendak diterjemahkan, maka di layar ponsel pintar Anda akan muncul tulisan dalam bahasa yang diinginkan sebagai hasil terjemahannya.

Kalau masih kebingungan, silakan unduh atau download aplikasi Word Lens di Google Play sekitar 41 MB (maaf tautannya ini https://play.google.com/store/apps/details?id=app.word.lens.guide&hl=en sudah tidak aktif lagi), di Apple iTunes (https://itunes.apple.com/en/app/word-lens/id383463868?mt=8) atau di google glass dan silakan langsung coba sendiri di gadget Anda. Lihat juga video demonstrasi aplikasi penerjemah foto atau gambar Word Lens di bawah ini:

Sumber:

  • http://blog.ub.ac.id/dindanovz/2014/09/24/word-lens-aplikasi-penerjemah-real-time/
  • http://blog.ub.ac.id/dindanovz/2014/06/19/review-word-lens/
  • Video: https://www.youtube.com/watch?v=h2OfQdYrHRs

Leave a Reply