Jemaah Haji Juga Didampingi Oleh Penerjemah Bahasa

Para jemaah haji tahun 2014 ini akan didampingi oleh 1.000 lebih da’i dan para penerjemah bahasa dari Kerajaan Arab Saudi, tujuannya agar para jemaah dapat melakukan ibadah dengan baik dan benar.

Para da’i dan penerjemah bahasa ini akan bekerja sepanjang waktu, 24 jam sehari demi memberikan pelayanan terbaik kepada para jemaah haji. Mereka adalah orang-orang pilihan yang sudah diseleksi menurut prestasi, kemampuan bahasa hingga pengalaman kerjanya. Mereka akan ditempatkan di titik keramaian jemaah Haji seperti Makkah dan Madinah.

Tawfiq Al-Sudairy, wakil dari Kementerian Urusan Islam mengatakan, para penerjemah bahasa ini akan menyesuaikan dengan para jamaah haji. Termasuk juga penyesuaian terhadap penggunaan bahasa para jamaah haji.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi juga telah meminta kontribusi dari mahasiswa-mahasiswa di universitas Islam untuk bertugas sebagai juru penerjemah bahasa. Mereka ditugaskan sebagai penerjemah dalam 20 bahasa, operator telepon dalam delapan bahasa, hingga publikasi kegiatan haji dalam 32 bahasa.

Ilustrasi: Jemaah Haji Mekkah Jalan Kaki

Ilustrasi: Jemaah Haji Mekkah Jalan Kaki

Layanan ini dilakukan oleh para ahli. Mereka menerima banyak telepon baik dari luar negeri, maupun dari Kerajaan. Pertanyaan akan dijawab sesuai bahasa penelpon seperti Perancis, Turki, Urdu, Bahasa Indonesia, Bengali, Arab dan Inggris.

Tahun ini, melalui Kementerian Urusan Islam, Arab Saudi telah membentuk suatu komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan, komisi inilah yang bertugas memilih dan menyaring para da’i dan penerjemah bahasa secara ketat hingga nantinya bisa ditempatkan untuk memberikan layanan kepada para jemaah haji.

Sumber:

http://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/14/08/31/nb5kar-seribu-dai-dan-penerjemah-akan-bertugas-selama-musim-haji

Leave a Reply