Duolingo Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Duolingo. Belajar Bahasa Inggris sekarang semakin mudah dan menarik, apalagi dengan hadirnya aplikasi yang menyediakan kursus Bahasa Inggris secara gratis dan menyenangkan. Salah satunya adalah Duolingo yang sekarang sudah tersedia di Indonesia.

Duolingo adalah buatan dari Luis von Ahn, awalnya aplikasi ini hanya fokus pada penerjemahan Bahasa Inggris ke bahasa lain seperti Spanyol, Belanda dan Jerman. Tapi, pada tahun ini, Duolingo akhirnya memasuki pasar Asia, salah satunya Indonesia.

Halaman Depan Aplikasi Duolingo

Halaman Depan Aplikasi Duolingo

Startup yang berdiri pada 2011 ini awalnya memasuki pasar Asia dengan merilis aplikasinya di Jepang dan Tiongkok, setelah dirasa sukses, maka diluncurkan dalam versi bahasa lain seperti Vietnam, Korea, Thailand termasuk Bahasa Indonesia.

Duolingo sebenarnya bukan aplikasi penerjemah Bahasa Inggris ke dalam bahasa lain atau sebaliknya, aplikasi ini juga tidak berbentuk seperti kamus untuk mencari terjemahan kata, tapi aplikasi ini adalah media kursus alias untuk belajar bagi orang-orang yang mau mempelajari bahasa asing, bahkan bagi yang baru pertama kali belajar.

Sebelum belajar bahasa baru, kita terlebih dahulu diharuskan memilih bahasa utama (bahasa ibu atau bahasa yang dikuasai) yang akan digunakan. Kalau memilih Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, kita bisa belajar banyak bahasa lain seperti Jepang, Jerman, Spanyol, Mandarin dan lainnya. Sementara, kalau memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa utama, kita hanya bisa belajar Bahasa Inggris saja.

Ilustrasi Duolingo

Ilustrasi Duolingo

Bagi Anda yang mau belajar bahasa lain selain Bahasa Inggris, diharapkan bersabar menunggu update atau diharapkan menguasai Bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum mencoba belajar bahasa lainnya.

Saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, kita akan benar-benar diajari dasar dari sebuah bahasa. Kata demi kata. Jadi, bagi Anda yang baru pertama kali belajar Bahasa Inggris, tidak perlu khawatir akan kesulitan menggunakan aplikasi yang satu ini.

Selain itu, setiap selesai mempelajari satu bagian. Aplikasi ini akan memberikan ujian sederhana yang menguji ingatan sekaligus pemahaman Anda. Berbeda dengan aplikasi lain, Duolingo tidak hanya menguji penulisan kata, tapi juga pengucapan terjemahan Anda dan pendengaran Anda. Sebuah aplikasi yang sangat multi guna.

Hal menarik lainnya, aplikasi ini mencatat pencapaian harian anda dalam belajar Bahasa Inggris ke dalam grafik yang mudah dimengerti, kalau Anda jarang mengakses situs ini, maka grafiknya akan terus menurun, ini bisa dijadikan motivasi untuk terus belajar Bahasa Inggris setiap hari.

Ilustrasi Antar-Muka Aplikasi Duolingo

Ilustrasi Antar-Muka Aplikasi Duolingo

Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sangat menarik, rasanya tidak seperti belajar bahasa asing, melainkan seperti bermain sebuah permaianan. Karena itulah, aplikasi Duolingo ini sangat pas untuk remaja. Apalagi ditambah fitur-fitur seperti achievement yang bisa dipamerkan kepada teman-teman kita. Karena, Duolingo juga memiliki fitur media sosial dimana para penggunanya bisa saling berbagi pengetahuan dan pencapaiannya di Duolingo. Selain itu, Duolingo juga bisa dihubungkan ke Facebook atau Google+ agar lebih praktis serta mengajak orang lain untuk ikut belajar.

Untuk mendapatkan mengakses dan mencoba aplikasi Duolingo ini, bisa dengan mengakses http://www.duolingo.com atau mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store. Aplikasi ini tidak memungut biaya sedikit pun, jadi anda bisa belajar menjadi seorang penerjemah secara gratis. Tapi, dalam aplikasi ini terdapat beberapa hal yang bisa dibeli dengan Lingot (mata uang Duolingo) yang bisa ditukar dengan uang asli.

Selain itu, Duolingo menawarkan tes bagi Anda yang mau menguji kemampuan terjemahan, biaya yang dikenakan sebesar $20 saja. Selain itu, ke depannya, Duolingo dikabarkan akan bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi tingkat dunia dan menyediakan beasiswa bagi para penggunanya.

Silakan unduh aplikasi duolingo di Google Play Store atau di Apple App Store.

Sumber:

  • https://dailysocial.net/post/duolingo-indonesia
  • http://humoresia.com/duolinggo-aplikasi-penerjemah-bahasa-inggris-dan-bahasa-asing-lainnya/
  • http://portal.paseban.com/review/158512/aplikasi-penerjemah-bahasa-inggris

Gambar: duolingo.com

2 Comments

  1. Ryan Mintaraga (@ryanmintaraga) 29 Januari 2015 14:59

Leave a Reply