Cortana, Penerjemah Bahasa Baru Milik Windows 9

Cortana adalah nama yang diberikan untuk virtual asisten pribadi dalam sistem operasi atau OS di Windows 9 nanti. Sebelumnya Cortana sudah tersedia dalam Windows Phone. Kini, Cortana hadir di perangkat desktop bersama Windows 9.

Salah satu hal yang ditawarkan Cortana adalah fungsi penerjemah bahasanya yang luar biasa. Walau banyak yang berpendapat sistem penerjemah bahasa Cortana sudah digunakan terlebih dahulu oleh Google Now dan Siri.

Penerjemah bahasa Cortana ini didukung oleh data atau definisi kata-kata yang terdapat di kamus Oxford. Sehingga kualitas proses penerjemahan atau terjemahan yang dilakukan oleh aplikasi Cortana ini dapat lebih komprehensif.

Ilustrasi: gambar dari gizbot.com

Ilustrasi: gambar dari gizbot.com

Nama Cortana sendiri memiliki arti atau berasal dari karakter dalam permainan Halo besutan Microsoft. Dalam permainan tersebut, Cortana adalah sebuah kecerdasan buatan atau artificial intelligent.

Untuk dapat menggunakan fitur penerjemah bahasa ini, pengguna harus menambah kata ‘define’ di depan kata yang akan diterjemahkan. Sebagai contoh, ketikkan kata “Define Indonesia” untuk mendapat hasil terjemahan dari kata “Indonesia”.

Sayangnya, penerjemah bahasa Cortana masih belum dapat dinikmati pada rilis awal Windows 9. Tapi, jika ingin menikmati fitur-fitur Cortana seperti penerjemahan bahasanya, bisa dicoba dengan menggunakan ponsel bersistem operasi Windows Phone seperti Nokia Lumia Series.

Sumber:

  • http://www.antaranews.com/berita/449668/microsoft-akan-rilis-windows-9

Leave a Reply