Kacamata Penerjemah Bahasa dari Jepang yang Bikin Heboh

Sebuah operator seluler terbesar yang ada di Jepang memperkenalkan produk terbarunya yaitu sebuah kacamata yang dipercaya dapat digunakan sebagai penerjemah bahasa asing.

Bahkan perusahaan tersebut mengklaim bahwa kacamata cerdas yang dibuat oleh NTT DoCoMo ini dapat memproyeksikan sebuah gambar yang berasal dari teks yang telah diterjemahkan dari sebuah kata atau karakter yang sama sekali tidak familiar.

Selain itu, kacamata ini dapat memungkinkan para pemakainya melihat gambar virtual. Yang menariknya adalah, dalam ajang pameran barang-barang elektronik CEATEC 2013 yang berlangsung di Jepang, teknologi ini sudah dapat didemostrasikan.

Kacamata Penerjemah Bahasa dari Jepang

Kacamata yang bisa menerjemahkan diklaim oleh sebuah perusahaan seluler Jepang (Foto:IST)

Pihak NTT DoCoMo juga mengungkapkan bahwasanya kacamata cerdas ini sangat menguntungkan para wisatawan. Karena dengan adanya teknologi pengenalan karakter maka sangat mempermudah pengguna yang sedang bepergian ke luar negeri untuk dapat mengetahui terjemahan bahasa secara cepat, seperti memilih menu makanan di restoran ataupun pembacaan dokumen penting lain.

Tidak dipungkiri memang untuk saat ini kacamata pintar ini masih dalam tahapan penelitian dimana dapat menerjemahkan teks ke dalam bahasa Jepang, Korea, China dan Inggris. Yang menarik adalah kacamata ini menggunakan sebuah perangkat lunak yang dapat mengenal wajah.

Sehingga dapat ditampilkan semua informasi pribadi dari seseorang. Dimana sebenarnya data tersebut diambil oleh perusahaan dari pusat data yang digunakan ponsel pintar. Sedangkan seorang konsultan teknologi konsumen IDC yaitu Jonathan Gaw, kepada BBC mengungkapkan bahwa sebenarnya kacamata cerdas ini masih ada beberapa kendala berkaitan dengan berat, ukuran, serta umur baterainya.

Gaw juga mengungkapkan bahwa sebenarnya produk ini memiliki potensi yang luar biasa dan memiliki banyak tantangan. Bahkan tidak dipungkiri bahwa beberapa waktu belakangan ini hampir setiap produsen saling berlomba untuk dapat menghasilkan teknologi canggih bagi para konsumennya seperti halnya Google Glass serta jam tangan pintar yang diproduksi oleh Samsung.

Sumber: Kompas Internasional 1 Oktober 2013

internasional.kompas.com/read/2013/10/01/1205219/Perusahaan.Jepang.Ciptakan.Kacamata.Penerjemah.

Leave a Reply