Facebook Mau Beli Perusahaan Penerjemah Suara

Beredar kabar bahwa untuk saat ini Facebook memiliki rencana untuk mengakuisisi sebuah perusahaan penyedia teknologi penerjemah yang memiliki basis suara.

Seperti yang dikutip dari Routers, Mobile Technologies adalah perusahaan yang menjadi sasaran dari Facebook. Dimana perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari Pittsburgh, Amerika Serikat.

Teknologi yang ditawarkan oleh Mobile Technologies ini memiliki kemampuan untuk dapat mengenali suara (speech recognition) serta penerjemahannya. Sayangnya, sampai saat ini nilai kesepakatan diantara keduanya masih belum diumumkan.

Mark Zuckerberg, CEO sekaligus Pendiri Facebook (foto: facebook.com)

Mark Zuckerberg, CEO sekaligus Pendiri Facebook (foto: facebook.com)

Dalam sebuah blog yang dituliskan oleh Tom Stocky, salah satu Direktur Facebook, terungkap bahwa saat ini teknologi suara memiliki peranan yang cukup penting untuk diterapkan dalam sebuah perangkat bergerak ataupun untuk penjelajahan internet.

Tidak dipungkiri bahwa, dengan adanya teknologi pengenalan suara ini memang semestinya ada didalam sebuah perangkat ponsel pintar. Sebagai contoh, saat ini Apple sudah memiliki fitur yang memiliki nama Siri, kemudian ada Google yang memiliki kemampuan serupa namun tidak sama untuk perangkat Android.

Untuk diketahui bahwa Mobile Technologies saat ini sudah memiliki beberapa aplikasi gratis yang memiliki nama Jibbigo Translator. Dimana aplikasi ini diklaim dapat digunakan sebagai penerjemah ucapan seseorang ke dalam 20 bahasa.

Sumber: Kompas, 13 Agustus 2013

http://tekno.kompas.com/read/2013/08/13/1029134/facebook.mau.beli.perusahaan.penerjemah.suara

Leave a Reply