Manfaat Lain Google Translate

Manfaat Lain Google Translate
Banyak sekali manfaat lain Google Translate (translate.google.com) atau Google Terjemahan (translate.google.co.id) yang luput dari para penggunanya. Selain berfungsi sebagai alat penerjemah bahasa dengan fitur tambahannya seperti Google Terjemahan Bahasa Jawa, juga mampu menerjemahkan bahasa populer lain seperti Inggris, Bahasa Arab, Jepang, Jerman, dsb (termasuk Bahasa Indonesia). Berikut ini 7 manfaat lain Google Translate yang mungkin tidak diketahui oleh para pengguna translator online gratis ini.
Definisi Google Translate
Definisi Google Translate atau Google Terjemahan
1. Sebagai Penerjemah atau Translator
Sebetulnya, hal ini bukanlah manfaat lain Google Translate karena awalnya Google Translate memang dikembangkan sebagai alat penerjemah bahasa online. Sehingga hal ini menjadikan fungsi Google Translate sebagai fungsi yang utama, yaitu sebagai translator online, khususnya Google Translate Indonesia Inggris, yang memang banyak sekali digunakan dalam kegiatan terjemahan Inggris Indonesia. Namun demikian, dikarenakan pengembangan yang terus dilakukan oleh google terjemahan ini, maka akan banyak sekali manfaat lain Google Translate gratis yang didapatkan selain sebagai penerjemah atau translator.
Manfaat Utama Google Translate

Gambar 1: Manfaat Utama Google Translate

2. Sebagai Kamus Online atau Daring (Dalam Jaringan)
Mungkin sudah banyak yang tahu akan manfaat lain Google Translate ini, yaitu sebagai kamus online (atau terkadang disebut juga “Daring”, Dalam Jaringan). Karena, ketika pengguna mesin terjemahan ini melakukan penerjemahan per kata, maka secara otomatis, Google Translate akan menampilkan beberapa pilihan hasil terjemahan kata sumber yang dimaksud di dalam bahasa sasaran. Contoh berikut merupakan contoh kamus Inggris Indonesia sebagai manfaat lain Google Translate yang bermanfaat sekali.
Manfaat Lain Google Translate Kamus Online

Gambar 2: Manfaat Lain Google Translate Yaitu Sebagai Kamus Online atau Daring (Dalam Jaringan)

3. Sebagai Tesaurus Online

Kegunaan Google Translate selain sebagai penerjemah dan kamus online, juga dapat bermanfaat sebagai tesaurus atau rujukan pilihan makna kata yang sama (sinonim kata) secara daring (online), sebagaimana yang sudah disinggung pada poin 2, manfaat lain Google Translate sebagai kamus online. Gambar 2 juga menjelaskan bagaimana manfaat Google Translate sebagai tesaurus online, terlihat contoh ragam pilihan kata “kamus”, yaitu, kitab logat dan bausastra.

Tesaurus Online sebagai manfaat lain Google Translate
Gambar 3: Tesaurus Online sebagai manfaat lain Google Translate
Selain ragam pilihan sinonim kata, juga ditampilkan tingkat penggunaan kata tersebut. Sebagai contoh, kata “dictionary” yang diterjemahkan menjadi “kamus” memiliki indikator batang yang dominan (pada bagian kiri kata) dibandingkan kata kata kitab logat dan bausastra. Sehingga hal ini dapat dikatakan manfaat lain Google Translate, yaitu sebagai tesaurus online.
4. Sebagai Pemeriksa Ejaan Kata
Manfaat lain Google Translate selain sebagai penerjemah bahasa daring yaitu sebagai pemeriksa ejaan kata yang muncul akibat salah ketik (typo). Gambar 3 menjelaskan bagaimana Google Translate berfungsi sebagai pemeriksa ejaan kata typo (seperti kata translate atau google translate diketik sebagai translat, translet, translte google tanslate, google trasnlate, google trnslate, google transelate dsb). Sangat bermanfaat sekali ketika ingin melakukan pemeriksaan ejaan Bahasa Inggris.
Gambar 4: Manfaat Lain Google Translate Yaitu Sebagai Pemeriksa Ejaan Kata
5. Sebagai Alat Belajar Pengucapan Kata Bahasa Asing
Mungkin ini juga sudah banyak yang tahu juga. Bagi yang ingin belajar bahasa asing, misalnya yang ingin Belajar Bahasa Inggris gratis, khususnya bagaimana cara pengucapan kata, kelebihan Google Translate yang satu ini mungkin dapat digunakan. Untuk proses pengucapan Google Translate Inggris Indonesia, mungkin Bahasa Inggris yang masih tepat pengucapannya, untuk Bahasa Indonesia, silakan dicoba sendiri. :)
Manfaat Goolge Translate
Gambar 5: Manfaat Goolge Translate yang cukup bermanfaat
6. Sebagai Web Translator atau Penerjemah Situs Web
Bagi yang suka berselencar web ke situs yang menggunakan bahasa asing yang benar-benar tidak diketahui apa arti seluruh halaman yang tampil, manfaat lain Google Translate dalam menerjemakan web (bukan menterjemakan web ) ini mungkin bisa dimanfaatkan. Manfaat lain Google Translate sebagai web translator atau penerjemah halaman web sangat mudah digunakan. Hanya memasukkan halaman yang ingin diterjemahkan kemudian tidak beberapa lama, maka halaman web itu langsung diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan.
Contoh Plugin Google Translate 1

Gambar 6a: Contoh Plugin Google Translate di Halaman Web

Selain web translator, kegunaan Google Translate juga sebagai penerjemah situs web yang mampu menerjemahkan seketika 60 lebih bahasa yang ada. Hanya dengan menambahkan plugin penerjemah situs web gratis, situs yang dimiliki sudah dapat menjangkau pembaca yang berbeda-beda bahasa.
Menerjemahkan Halaman Web
Gambar 6b: Manfaat Lain Google Translate Yaitu Mampu Menerjemahkan Halaman Web
7. Sebagai Penerjemah Gratis
Proses pengembangan yang terus menerus dilakukan terhadap Google Translate, menjadi kelebihan tersendiri bagi Google Translate. Manfaat lain Google Translate selain hanya sekedar menerjemahkan, Google Translate juga mampu menerjemahkan dokumen yang kita miliki. Caranya cukup sederhana, kita hanya tinggal menyalin dan merekatkan (copy paste) dokumen yang  ada ke dalam Google Translate. Terakhir kali penulis mencoba menyalin sebanyak 10 halaman (mungkin ada 3.000 kata) ke dalam Google Translate dan seketika itu juga proses penerjemahan itu terjadi. Manfaat lain Google Translate yang satu ini sangat sesuai bagi yang ingin menerjemahkan dokumennya tanpa mengelurakan biaya sedikitpun, cukup koneksi internet saja, maka dokumen yang ingin diterjemahkan langsung diterjemahkan oleh Google Translate saat itu juga.
Jasa Penerjemah Gratis Google Translate

Gambar 7: Jasa Penerjemah Gratis Mungkin Manfaat lain Google Translate Yang Utama :)

Selain itu, manfaat lain Google Translate yaitu memiliki fitur google terjemahan bahasa daerah Indonesia, yakhi Google Terjemahan Bahasa Jawa. Bahasa daerah lain seperti Google Translate Bahasa Batak, Google Translate Bahasa Sunda (atau Google Terjemahan Bahasa Sunda-Indonesia) saat ini mungkin belum tersedia, masih Google Translate Bahasa Jawa.
Dukungan Bahasa Google Translate

Dukungan Bahasa Google Translate (60+ Bahasa)

Cukup banyak sekali manfaat lain Google Translate yang bisa didapatkan oleh penggunannya secara gratis. Dengan adanya proses pengembangan yang terus dilakukan terhadap Google Translate khususnya akan memori penerjemahan (translation memory) yang dimiliki, terkadang bahasa sasaran yang ingin diterjemahkan hampir mencapai bahasa target yang diinginkan. Walaupun terkadang pengguna Google Translate langsung memanfaatkan hasil terjemahan Google Translate tanpa melewati proses penyesuaian terlebih dahulu (editing). Seperti yang terjadi dalam kliping kecil lain akan artikel Google Tran
slate saya yang lain mengenai “translate indonesia ke inggris” ini.
Lebih dan kurang penulis mohon maaf. Semoga tulisan kecil mengenai manfaat Lain Google Translate ini bermanfaat (Aamiiiin).

2 Comments

  1. Edi Ponti 18 Februari 2016 23:34
    • Ridha Harwan 20 Februari 2016 09:47

Leave a Reply