Menulis untuk Blog atau Blog untuk Menulis?

Sekarang ini bagi para penulis atau orang yang suka menulis, memiliki blog adalah sebuah pilihan yang sebaiknya dipertimbangkan dalam mempublikasikan hasil tulisannya sendiri. Karena, selain gratis dalam pembuatan blog itu sendiri, orang lain dapat membaca hasil tulisan atau buah pikir dari penulis itu sendiri. Walapun memang, butuh sedikit pembelajaran dalam membuat atau menciptakan kreasi blog pribadi.
Namun dalam perkembangannya, banyak penulis yang mengubah awal mula aktifitas menulis yang dilakukan, yang awal mulanya hanya sekedar membuat blog lalu mempublikasikan hasil tulisannya melalui blog, menjadi melakukan penulisan agar blog yang dimiliki dapat memberikan umpan balik bagi penulis itu pribadi. Itulah yang dikatakan sebagai menulis untuk blog.

Lalu, bagaimana dengan blog terjemahan ini?

Awal mulanya, penulis pribadi hanya hanya membuat blog sebagai ekspresi tulisan yang dipublikasikan. Itu mungkin sudah berlangsung lama sekali. Namun seiring dengan perkembangan akan pengetahuan yang didapat dari bangku sekolah, terlebih lagi sempat mendapatkan pendidikan komputer, maka jadilah pengetahuan akan blog ini menjadi bertambah.
Berlanjut setelah selesai menyelesaikan perkuliahan dan mulai bekerja, perlahan-lahan kegiatan menulis mulai tidak aktif dilakukan. Setelah memutuskan ingin mandiri, mulailah kegiatan nge-blog dilirik kembali. Alasannya sederhana, karena demi menunjang kegiatan pemasaran atas jasa yang saya tawarkan melalui dunia maya.
Melalui kegiatan menulis ini, banyak sekali ilmu yang didapatkan. Salah satunya, keharusan mengetahui penulisan standar akan bahasa yang digunakan, yaitu Bahasa Indonesia. Keharusan akan pemahaman penggunaan kaidah dan pedoman standar ejaan yang disempurnakan ini terus diterapkan dalam penulisan blog. Selain itu, keharusan mengetahui mana kata baku dan tidak baku, juga harus diketahui, tentunya dengan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia versi digital (lebih mudah).

Mengapa saya menulis tulisan ini?

Karena berapa waktu yang lalu dalam bulan ini, saya menemukan saudara dalam keluarga besar saya memiliki sebuah blog yang cukup lama, hampir 5 tahun umurnya, dengan jumlah kiriman tulisan lebih dari 400 artikel. Blog ini luar biasa dalam hal tulisan dan segi umur blog. Terlebih pemilik blog ini memiliki kredibilatas dalam bidangnya sendiri. Namun begitu saya lihat sekilas, saya tidak tahu berapa banyak pengunjung yang melihat hasil tulisannya, karena tidak mungkin melihat statistik pengunjung hariannya.
Itulah kenapa dalam melakukan kegiatan menulis atau blog harus ditentukan tujuannya. Apakah kita menulis lalu mempublikasikan hasil tulisan kita di blog dengan tujuan dan maksud tertentu atau kita membuat blog hanya sekedar untuk mempublikasikan hasil tulisan kita ini.

Menulis untuk Blog atau Blog untuk Menulis

Sebuah Gambaran Blog dari Unpad
Awalnya memang banyak orang membuat blog sebagai tempat mempublikasikan hasil tulisannya. Namun biasanya setelah mereka memiliki ketertarikan di dunia maya atau nge-blog, maka tujuannya pun mengalmai perubahan, membuat tulisan agar blog terus berkembang. Seperti yang saya lakukan ini.
Namun saya pribadi sadar, tulisan yang saya buat tidaklah sempurna sepenuhnya, ada tulisan yang hanya sifatnya mengisi blog saja, atau tulisan dengan tema terjemahan namun kurang dari sisi informasinya. Karena itu saya pribadi mohon maaf atas kekurangan dalam mencipatakan tulisan-tulisan yang ada di blog  ini.
Kembali ke topik awal, menulis untuk blog atau blog untuk menulis. Saya pribadi menggunakan ke dua-duanya, apakah itu blog ini sebagai tempat menampilkan hasil tulisan saya atau juga apa yang saya tuliskan ini semuanya bertujuan untuk mengisi blog yang saya kelola. Jika boleh jujur dan memilih salah satu, maka saya memilih menulis untuk blog. Kenapa, karena dengan menulis saya bebas mengekspresikan apa yang ingin saya utarakan, walaupun saya tahu tidak banyak yang akan membaca hasil tulisan saya.
Karena itu, biarkan saja blog ini teus berkembang sebagai tempat saya mengekspresikan apa saja yang saya ketahui dan ingin saya bagi. Selain itu blog ini merupakan bentuk ekspresi saya pribadi dalam bentuk tulisan dan saya sadar tidak banyak yang akan membaca hasil yang saya tuliskan.
Sebagai penutup, tujuan utama saya menulis dalam blog ini adalah sebagai tempat dimana saya menawarkan jasa translate Indonesia ke Inggris. Demikian, mohon maaf jika ada salah kata dan kesalahan dalam penulisan tulisan kecil ini.

Leave a Reply