Cara Koneksi Smartfren Paska Putusnya Kabel Bawah Laut

Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana cara mempercepat koneksi smartfren internet modem yang lambat, lemot, putus-putus, bermasalah, sering putus  menjadi cepat, lancar, anti lelet dan stabil. Tulisan cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut (2013) berikut ini mungkin dapat membantu memberikan informasi tambahan bagaimana agar koneksi smartfren internet 2013 lancar dan stabil.

Program Apresiasi Khusus Smartfren Internet paska putusnya kabel bawah laut

Sebagaimana yang diketahui oleh para pelanggan operator seluler CDMA internet smartfren mengalami “malapetaka” pada pertengahan bulan Maret 2013 yang lalu. Gangguan smartfren disebabkab putusnya jaringan internet smartfren kabel bawah laut di sekitar Pulau Bangka dan Batam, Indonesia. Namun gangguan itu tidak berlangsung lama, mungkin kurang dari satu minggu.

Tips atau cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut saya tuliskan sebagai pengguna smartfren. Semoga cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut dapat bermanfaat.

1.    Saya memperhatikan, 3-4 hari setelah putusnya kabel bawah laut smarfren, koneksi internet smartfren perlahan-lahan mulai lancar, khususnya pada koneksi internet siang hari.

2.    Koneksi internet smartfren pada malam hari, cukup stabil. Namun pada jam-jam puncak pemakaian memang agak terasa mengalami penurunan, yaitu sekitar pukul 17.00-21.00. Mungkin cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut ini tidak berlaku sebelum terjadinya kejadian ini.

3.    Ketika menjelang magrib, seringkali koneksi mengalami request time out (internet putus) atau RTO. Apabila RTO berlangsung panjang, putuskan koneksi internet dengan cara disconnect modem smartfren. Kemudian tunggu beberapa saat dan kemudian sambungkan (connect) kembali modem smarfren internet . Mungkin inilah penjelasan tambahan saya tentang cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut.

4.    Gunakan perintah ping untuk memantau koneksi jaringan smartfren agar membantu sebagai mengetahui stabilitasnya koneksi smartfren internet. Yaitu dengan cara, pilih menu “start”dari windows anda, kemudian pilih “run” dan ketikkan “ping google.com” (tanpa tanda kutip). Jika tertulis “Reply from … dst.”, itu artinya koneksi internet smarfren terhubung. Namun apabila tertulis “Request time out” atau RTO, itu artinya koneksi anda terputus. Jika tertulis RTO dan “Reply from …” itu artinya koneksi internet anda smartfren putus nyambung. (seperti lagu saja :D ).

5.    Kejadian putus-nyambung ini biasanya terjadi diakrenakan lalu lintas jaringan internet sedang mengalami kepadatan. Umumnya terjadi pada waktu yang sudah saya sebutkan di atas. Saya sendiri tidak tahu bagaimana mengatasi cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut  ketika waktu ini. Dalam dunia koneksi internet yang menggunakan sinyal ada istilah posisi menentukan prestasi.

Ping Cara Koneksi Smartfren Paska Putusnya Kabel Bawah Laut

Contoh ping -t

Sebetulnya penjelasan dari cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut hanya ada pada penjelasan nomor 3 ditambah penjelasan nomor 4. Yang ingin dijelaskan dalam cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut adalah, saya sebagai pelanggan internet smartfren merasa, koneksi internet smartfren lebih stabil pada siang harinya, dibandingkan pada waktu malam hari paska putusnya kabel bawah laut smartfren internet. Ketika malam hari koneksi internet smartfren paska putusnya kabel bawah laut, mengalami ketidakstabilan khususnya menjelang pertengahan malam hari. Mungkin sedang terjadi pemeliharaan (maintanence) jaringan kabel smartfren. Jadi, jika ingin stabil menggunakan koneksi internet smarfren, mungkin manfaatkan waktu di siang hari, karena tidak lama setelah paska putusnya kabel bawah laut smarfren, koneksi internet smarfren pada siang hari cukup stabil sebagaimana yang saya rasakan. Mungkin tulisan cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut  sebagai bentuk smartfren review (ulasan).

Sebagai informasi tambahan dalam penjelasan cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut  ini, aktifitas yang saya lakukan hanya sebatas jelajah (browsing) saja, dengan satu jendela yang memuat (loading) saja. Tidak membuka video atau yang lainnya. Saya menggunakan produk dan harga paket smarfren internet murah dengan tarif Rp49.000/ bulan, tanpa batasan kuota (namun terbatas bandwidth-nya). Lokasi saya berada di Bandung,-Jawa Barat, tepatnya di sekitaran gedung sate, dipati ukur, haurpancuh atau monumen perjuangan rakyat Bandung. Demikian informasi cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut, semoga bermanfaat.

Penafian: Tulisan cara koneksi smartfren paska putusnya kabel bawah laut ini bersifat berbagi saja, tidak ada kaitannya dengan jasa penerjemah bahasa yang saya tawarkan.

2 Comments

  1. eyuana 7 Januari 2015 23:13
    • Ridha Harwan 8 Januari 2015 10:47

Leave a Reply