Penerjemahan (n) merupakan proses, cara, atau perbuatan menerjemahkan atau dapat juga disebut proses pengalihbahasaan (KBBI Pusat Bahasa). Sehingga proses penerjemahan ini membutuhkan sebuah kemampuan khusus dalam menganalisis teks sumber terjemahan untuk diterjemahkan atau dapat juga dikembangkan ke dalam teks sasaran terjemahan. Beberapa alat bantu terjemahan telah dikembangkan dalam memudahkan proses penerjemahan (baik yang berupa online atau pun offline) akan tetapi tidak sepenuhnya alat (software) ini mampu membantu memenuhi tujuan dari proses penerjemahan yang ingin dilakukan.

Karena itu, untuk memenuhi tujuan dari proses penerjemahan ini, banyak jasa penerjemahan muncul dalam rangka memenuhi permintaan proses penerjemahan yang akan dilakukan. Para penerjemah ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda, akan tetapi para penerjemah ini umumnya memilih profesi sebagai penerjemah lepas (freelance translator) ataupun tetap (in house translator).

Jasa yang ditawarkan para penerjemah lepas ini, umumnya jasa penerjemahan yang profesional, di mana para penerjemah lepas ini benar-benar ahli dalam bidang atau jasa terjemahan.

Baca Juga: