Filsafat Ilmu, Jujun S. Suriasumantri

Seri artikel filsafat ilmu berikut ini, merupakan hasil tugas makalah filsaat ilmu dimana akan membahas tentang ilmu filsafat, ontologi, pengertian filsafat ilmu atau terminologi filsafat dan juga filsafat ilmu pengetahuan.
           
Istilah filsafat   pada dasarnya identik dengan sistem atau cara berpikir untuk mendapatkan dan  menghayati kebenaran atau kebijaksanaan. Kemudian istilah filsafat tersebut berkembang dan mencakup pula “kebenaran dan kebijaksanaan” yang merupa-kan hasil atau produk dari cara atau sistem berpikir tersebut (Ihsan, M. Ali. 2006:402).

                        Dalam Filsafat, apabila terjawab masalah yang satu , maka akan menambah pertayaan lain. Karakteristik filsafat yaitu Menyeluruh, Mendasar, dan Spekulatif. Berikut ini penjelasan karakterisitik filsafat:
1.      Menyeluruh  :tidak puas mengenali ilmu hanya dari segi pandang ilmu itu sendiri.
2.      Mendasar    :tidak percaya begitu saja bahwa ilmu itu benar.
3.      Spekulatif     :mencurigai atau memilih buah pikir yang dapat kita andalkan.
            Pada awalnya pokok permasalahan yang dikaji filsafat mencakup tiga segi, yaitu:
1.      Apa yang di sebut benar dan apa yang disebut salah (logika)
2.      Apa yang di anggap baik dan mana yang di anggap buruk(etika)
3.      Apa yang termasuk indah dan apa yang apa yang termasuk jelek (estetika).
Apa saja cabang-cabang filsafat, berikut ini cabang-cabang filsafat yang berkembang.
            Lalu cabang cabang filsafat . berkembang menjadi:
1        Epistimologi (Filsafat Pengetahuan)
2        Etika (Filsafat Moral)
3        Etestika (Filsafat Seni)
4        Metafisika
5        Politik (Filsafat Pemerintahan)
6        Filsafat Agama
7        Filsafat Ilmu
8        Filsafat Pendidikan
9        Filsafat Hukum
10   Filsafat Sejarah, dan
11   Filsafat Matematika.
            Berfilsafat berarti mengoreksi diri, semacam keberanian untuk berterus terang, seberapa jauh sebenarnya kebenaran yang dicari telah kita jangkau. Berfilsafat juga berarti berendah hati mengevaluasi segenap pengetahuan yang telah kita ketahui.
 Filsafat ilmu memang tidak terlepas dari rujukan yang terpopuler yaitu Jujun S. Suriasumantri (2003) dengan bukunya “Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer”. cari buku Jujun S. Suriasumantri (ebook) dengan kata pengantar Andi Hakim Nasution.
 
Tentu saja tulisan di atas tentang filsafat ilmu, tidak ada kaitannya dengan blog jasa penerjemah inggris indonesia (bandung) ini. Blog ini jasa terjemahan ini hanya mencoba berbagi, beberapa bagian dalam proses perkuliahan dalam rangka memaksimalkan kemampuan untuk menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.  Semoga bahasan tentang filsafat ilmu, ini dapat mengisi blog jasa terjemahan ini. Selanjutnya akan berlanjut tentang apa itu filsafat ilmu, terminologi atau pengertian filsaat ilmu pengetahuan, ontologi dan hal lain yang berkaitan dengan ilmu filsafat.

Leave a Reply