Indonesia Mengembangkan Alat Penerjemah Suara untuk 23 Bahasa

Pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ikut serta dalam mengembangkan sebuah alat penerjemah suara yang diberi nama “VoiceTra4U-M“.

Dalam acara Peluncuran ICT Outlook dan Kreasi Inovasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bertempat di Jakarta, Rabu (27/6), Hammam Riza selaku Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT, mengungkapkan bahwa aplikasi ini adalah sebuah mesin penerjemah suara atau dapat dikatakan wicara ke wicara.

Dengan adanya aplikasi ini maka semua orang yang ada di seluruh penjuru dunia dapat melakukan komunikasi tanpa adanya hambatan dikarenakan permasalahan minimnya penguasaan bahasa asing.

Diharapkan aplikasi ini pada awal tahun 2013 sudah dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Dimana nantinya dengan menggunakan aplikasi ini maka lima orang dapat saling berkomunikasi secara simultan. Selain itu alat penerjemah suara ini diperuntukkan untuk 23 macam bahasa.

BPPT-Badan-Pengkajian-dan-Penerapan-Teknologi-banner-gambar

BPPT-Badan-Pengkajian-dan-Penerapan-Teknologi

Hammam menjelaskan bahwa sebenarnya aplikasi ini adalah hasil kerjasama dari riset internasional yang tergabung dalam Universal Speech Translation Advanced Research Consortium (U-STAR) yang memiliki 26 lembaga yang berasal dari 23 negara termasuk di dalamnya adalah BPPT.

Dimana semua anggota dari U-STAR ini menjalin kerjasama untuk mengembangkan sebuah sistem penerjemah wicara multi bahasa yang nantinya dapat menyediakan sebuah layanan penerjemah dalam bentuk aplikasi yang rencananya akan dirilis ke publik.

Untuk sementara ini rencana peluncuran yaitu 24 Juni yang diperuntukkan di iPhone namun pada awal 2013 nanti, diharapkan dapat terus dikembangkan.

Sumber: AntaraNews.com

http://www.antaranews.com/berita/318433/bppt-ikut-kembangkan-alat-penerjemah-suara

Leave a Reply