Pengalaman Saya Menjadi Seorang Penerjemah 2007-2012, Bag. I

Berikut ini cerita saya sebagai seorang penerjemah saat memulai kegiatan terjemahan Inggris Indonesia pada saat mahasiswa. Bagian pertama dari lima bagian.

Bagian I: Di Kuliah

Pada awalnya (tahun 2007) saya hanya dimintai tolong untuk membantu teman-teman satu kost baru untuk membantu mereka dalam memahami mata kuliah yang diberikan dengan menggunakan bahasa dan materi Bahasa Inggris. Ketika itu saya sedang menumpuh kuliah pada tahun ke tiga dari perkuliahan saya di Sastra Inggris pada sebuah universitas negeri di Pulau Bali. Teman-teman satu kost ini merupakan mahasiswa pascasarjana yang mendapatkan beasiswa pemerintah (DIKTI), untuk melanjutkan pendidikan mereka setelah mereka bekerja sebagai pegawai negeri sipil. Hampir semuanya adalah mahasiswa rantau dan sudah berkeluarga. Karena itu bagi mereka yang kurang begitu memahami Bahasa Inggris sebagai pengantar utama dalam perkuliahan termasuk juga pembuatan tugas dan tugas akhir (thesis) dapat dibantu dengan adanya sedikit bantuan dari saya yang memang pada saat itu mempunyai banyak waktu luang di luar jam kampus.

Belajar terus menerus

Belajar terus menerus

Kuliah Diploma dan Strata

Hampir 2 tahun lebih saya membantu teman-teman satu kost saya ini, termasuk mahasiswa pascasarjana lain yang berbeda jurusan namun masih satu bidang keilmuan, yaitu bidang lingkungan hidup, lebih spesifik pada ilmu kelautan dan pengindraan jarak jauh. Pada tahun akhir perkuliahan saya (tahun ke lima), saya pun mendapatkan tawaran untuk menerjemahkan sebuah disertasi mengenai kedokteran hewan, khususnya penyu laut. Tulisan Berbahasa Inggris ini memiliki 271 halaman lebih dengan jenis tulisan arial 11 dan spasi 1,5. Proyek penerjemahan ini saya kerjakan sembari menyelesaikan tugas akhir saya (skripsi) kurang lebih selama 6 bulan.

Bersambung Ke Bagian II: Setelah Lulus Sarjana

Lihat Juga:
Bagian II       : Setelah Lulus Sarjana
Bagian III      : Dunia Kerja (Umum)
Bagian IV       : Dunia Kerja (Penerjemahan)
Bagian V        : Penutup, Catatan Kaki

2 Comments

  1. buret 29 Desember 2014 03:49
    • Ridha Harwan 29 Desember 2014 14:10

Leave a Reply