Penerjemah Mesin atau Jasa Penerjemahan

Penerjemah Mesin atau Jasa Penerjemahan

Jasa penerjemahan sudah ada sejak berkembangnya teknologi penerjemahan berbantuan program komputer yang ada saat ini. Dimana, banyak orang cenderung berusaha memanfaatkan teknologi atau program komputer yang menyediakan jasa penerjemahan yang boleh di katakan gratis ini. Hal ini dapat sekali mungkin untuk dilakukan, dikarenakan penerjemahan dengan menggunakan program komputer sangat membantu dalam proses penerjemahan.
Akan tetapi jelas sekali bahwa, bagaimanapun program penerjemahan berbantuan komputer baik melalui internet (online, seperti google translate) atau pun menggunakan program komputer dibandingkan dengan penerjemahan yang bukan dilakukan dengan sebuah program akan sangat berbeda sekali hasilnya. Hal ini dikarenakan bahwa, sebuah proses penerjemahan sangat membutuhkan kemampuan khusus dalam menganalisa bahasa sumber untuk diterjemahkan ke dalam bahasa sasaran. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menganalisa bahasa sumber untuk diterjemahkan ke dalam bahasa sasaran. Salah satunya adalah faktor kebutuhan dan gaya bahasa. Faktor gaya bahasa jelas sekali berbeda. Sebagai contoh antara gaya bahasa tulisan ilmiah dengan gaya bahasa sebuah novel sangat berbeda sekali.
Karena itu, kita mungkin saja menggunakan bantuan penerjemah mesin dibandingkan menggunakan jasa penerjemahan. Akan tetapi, kita harus siap dengan hasil yang dihasilkan oleh penerjemah dengan bantuan program komputer. Pada umumnya, hasil penerjemahan dengan berbantuan program komputer akan disunting ulang agar maksud yang ditujukan mendekati bahasa sasaran penerjemahan dan hal ini terkadang membutuhkan waktu tambahan.

Leave a Reply